Labels

Followers

Translate

Wednesday, August 26, 2015

mengenal ikan lemadang penyelemat KH. A. Mutamakkin Kajen


dalam post kali, membahas seekor ikan yang dalam cerita menyelamatkan KH. A. Mutamakkin sehabis dari Mekah Arab Saudi, dan di antar di pantu utara pula jawa ini
Orang sekitar menyebutnya dengan ikan "lemadang" . dalam mitosnya barang sipa yang masih anak cucu KH. A. Mutamakkin (orang kajen dan sekitarnya) dilarang untuk memakan ikan tersebut, sampai sekarang hal tersebut masih dipegang teguh oleh orang desa kajen dan sekitarnya,


ikan meladang dari sudut samping
Lemadang, Coryphaena hippurus (Coryphaenidae); hidup diperairan lepas pantai. daerah pantai yang berbatasan laut terbuka. dapat mencapai panjang 200 cm, umurnnya 70-100 cm. Tergolong ikan pelagis, ikan buas makanannya ikan, cumi-cumi, udang. Penangkapan dengan pancing tonda, purse seine, kadang-kadang masuk sero, dipasarkan dalam bentuk segar, asin kering, harga sedang. Daerah penyebaran; daerah pantai lepas, pantai seluruh Indonesia, perairan Indo-Pasifik lainnya dan meluas sampai perairan sub-tropis.
Nama Lain : Meladang, Lemadang, Dolphin, Dorado, Mahi-Mahi
Jenis : Coryphaena Hippurus
Ukuran : Dari 0,5 Kg hingga 25 Kg, dapat mencapai 40 Kg lebih
Rekor Dunia : 87 pounds
Karakter : Merupakan yang terbaik dalam hal kecepatan untuk berbagai kelas piranti. Sangat kuat dan kerap berakrobatik.
Ikan lemadang (Coryphaena hippurus) merupakan salah satu komoditi dari perairan Indonesia. Ikan lemadang ini merupakan ikan berukuran cukup besar. Ukuran ikan ini saat masih muda sekitar 30 cm dan saat dewasa mencapai 200 cm. ikan ini termasuk ikan yang buas, habitat dari ikan ini adalah daerah perairan lepas pantai dan daerah pantai yang berbatasan langsung dengan laut terbuka. Ikan ini banyak di daratkan di : PPS Bungus, PPS Jakarta, PPN Pelabuhan Ratu dan PPN Pekalongan. Adapun alat tangkap yang biasa digunakan untuk menangkap ikan ini antara lain : Payang, Dogol, Pukat cincin, Tonda, dan lain-lain.
Ikan lemadang (Coryphaena hippurus) ini memiliki nilai ekonomis yang relatif rendah. Jadi, konsumen ikan ini adalah konsumen lokal dan konsumen antar pulau. Kegiatan ekspor-impor untuk ikan lemadang tidak dicantumkan. Selain karena nilai ekonomis yang rendah belum ada usaha dalam ekspor-impor ikan lemadang. Komoditi ikan pelagis besar ini cukup bersaing dengan ikan tuna dari segi ukuran. Oleh karena itu, saat sampai ke tangan konsumen, ikan ini diolah dengan cara dipotong-potong ( slice dan diolah ) agar dapat dikonsumsi. Harga 1 ekor ikan lemadang (Coryphaena hippurus) bisa mencapai jutaan rupiah.
Ikan lemadang (Coryphaena hippurus) banyak terdapat di wilayah perairan Maluku, bagian Utara Jawa, bagian Selatan Jawa, dan perairan Sulawesi. Sampai saat ini belum ada usaha ekspor ikan lemadang (Coryphaena hippurus). Hal itu mungkin disebabkan karena minat konsumen mancanegara tehadap ikan ini sangat kecil. Konsumen mancanegara terutama di wilayah jepang atau Amerika lebih meminati ikan tuna ketimbang ikan lemadang (Coryphaena hippurus ) Oleh karena itu konsumen ikan ini adalah konsumen lokal dan konsumen antar pulau.

sumber : http://www.iftfishing.com/blog/mancing/fishypedia/lemadang/

1 comments:

Post a Comment