Labels

Followers

Translate

Thursday, May 12, 2016

Peringati Hari Besar Islam Isra' Mi'raj, Desa Kajen Gelar Khitan Massal Gratis

kajen, 5/5/2016 

menjelang hari besar islam  isra' mi'raj nabi Muahmmad SAW, mulai nampak didesa yang terkenal dengan sebutan desa santri di kabupaten Pati utara ini. pasalnya didesa kajen sudah menjadi acara tahunan peringatan isra' mi'raj nabi Muahmmad SAW, dimana takmir masjid, pengurus cabang  anting NU kajen beserta tokoh masyarakat desa kajen mengadakan khitanan massal, pada tahun ini panitia penyelenggara peringatan isra' mi'raj nabi Muahmmad SAW.



selain mengadakan khitan massal panitia penyelenggar juga mengadakan lomba bagi anak-anak dari tingkat TK sampai SD, dari lomba menggambar kaligrafi sampai lomba membaca puisi, puncaknya pada hari kamis, 5 mei 2016. berlokasi dimakam KH. A. Mutamakkin Kajen dimana peserta khitan masal diawali lebih dahulu untuk berziarah dimakam syech mutamakkin, sebelum diarak keliling desa kajen menggunakan kereta kuda dan becak hias, setidaknya ada 10 anak yang terdaftar dalam khitan masal tahun ini.
untuk memeriahkan khitanan massal juga diadakan kirab karnafal yakni peserta marching band yang berasal dari madrasah didesa kajen, tak ketinggalan juga kelompok-kelompok rebana dari perwakilan pesantren-pesantren desa kajen.
setelah keliling desa kajen,  
pada akhirnya para peserta khitan tiba di halaman masjid jami' kajen, guna untuk melakukan prosesi khitan, ada beberapa peserta khitan massal yang jauh-jauh datang dari luar kecamatan margoyoso, hal ini ada yang berpendapat dari orang tua peserta khitan yang sengaja mengkhitankan putra agar mendapat do'a barokah dari kiyai-kiyai dari kajen.
menurut H. Maslikan selaku panitia khitan massal "pada tahun ini peserta khitan berkurang dari pada tahun kemaren, hal ini disebabkan pemberitahuan kepada masyarakat umum terlalu mepet, sehingga peserta menurun dari tahun-tahun sebelumnya, selain mengadakan khitan massal gratis dan peserta juga mendapat baju taqwa dan santunan dari panitia, malamnya nanti juga akan diadakan pengajian umum"
dalam ruang tunggu nampak ekspresi wajah tegang peserta khitan, namun rasa tegang itu langsung hilang ketika mereka sudah keluar dari ruang khitan massal.
malam harinya usai pelaksanaan khitan massal juga diadakan istighosah dan pengajian umam, dalam peringatan isra' mi'raj nabi Muahmmad SAW dan harlah NU, yang dihadiri santri-santri desa kajen dan masyarakat umum, nampak pula bapak camat margoyoso yang hadir bersama masrakat lainnya.

LEBIH BANYAK PHOTO>>

0 comments:

Post a Comment